Sebenarnya Apa Fungsi Penting dari Pelabelan Dalam Kemasan?

By. Danan - 26 Jan 2023

Share:
img

lauttimur.com - Di era perdagangan yang semakin ketat seperti saat ini, setiap negara memiliki regulasi tersendiri pada pelabelan.

Dengan begitu banyaknya produk ekspor yang dikirim dan dijual di pasar ekspor, maka pelabelan (labelling) dalam kemasan memegang peranan sangat penting yang sering diremehkan.

Baca juga: Implementation of Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) for Fishery’s Product

Pelabelan (labelling) adalah salah satu bagian dari produk berupa keterangan baik gambar maupun kata-kata yang berfungsi sebagai sumber informasi produk. Label umumnya berisi informasi berupa nama atau merek produk, bahan baku, bahan tambahan komposisi, informasi gizi, tanggal kedaluwarsa, isi produk dan keterangan legalitas.

Penggunaan label dalam kemasan sangat penting, karna memuat berbagai infomasi produk yang didalamnya. Dalam Pengaplikasiannya PT Kelola Laut Nusantara telah memberikan label pada kemasan secara detail, meliputi informasi nama produk, size, quantity, kode produksi, petunjuk penyimpanan, serta informasi gizi.

Baca juga: Grouper Facts For You

Adapun tujuan label adalah sebagai berikut:

  1. Memberi informasi tentang isi produk yang diberi label tanpa harus membuka kemasan. 
  2. Berfungsi sebagai sarana komunikasi produsen kepada konsumen tentang hal-hal yang perlu diketahui oleh konsumen tentang produk tersebut, terutama hal-hal yang kasat mata atau tak diketahui secara fisik. 
  3. Memberi petunjuk yang tepat pada konsumen hingga diperoleh fungsi produk yang optimum.

 

.

Baca juga: Learn to Fillet Fish at Home



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp