PT LTU telah Tersertifikasi SKP dan HACCP

By. Danan - 26 Jan 2023

Share:
img

lauttimur.com - Di era Globalisasi seperti sekarang higienitas atau kebersihan sangatlah penting, terutama pada sektor pengolahan bahan makanan, salah satunya pada sektor pengolahan ikan. Atas dasar itu pula yang memotivasi PT Laut Timur Utama  untuk selalu mengedepankan kebersihan dalam segala tahap proses produksi sesuai dengan standar.

Dan itu terbukti dengan telah tersertifikasi SKP dan HACCP, dimana hal tersebut merupakan sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan yang dilakukan sejak pra produksi sampai dengan pendistribusian, untuk memperoleh hasil perikanan yang bermutu dan aman bagi kesehatan manusia.

Baca juga: Popular Marine Fish in Indonesia

Sertifikat kelayakan pengolahan (SKP) sendiri merupakan sertifikat yang diberikan kepada UPI yang telah menerapkan cara pengolahan yang baik (GMP), dan memenuhi persyaratan prosedur operasional sanitasi standar (SSOP). Sedangkan, sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) merupakan sertifikat yang diberikan kepada UPI yang menerapkan sistem manajemen kemanan pangan, yang didasarkan pada kesadaran bahwa bahaya dapat timbul pada setiap tahap proses, namun dapat dikendalikan melalui tindakan pecegahan dan pengendalian titik titik kritis.

Baca juga: Learn to Fillet Fish at Home

Elemen utama dari sistem HACCP adalah:

a. Sebuah identifikasi potensi bahaya (bahaya biologis, fisik dan kimia) dan menilai risiko kemungkinan hal tersebut terjadi.
b. Menentukan titik kendali kritis (CCP), sehingga dapat menentukan langkah-langkah yang dapat dikendalikan untuk menghilangkan atau meminimalkan bahaya.
c. Tetapkan kriteria (toleransi, level target) yang harus dipenuhi untuk memastikan CCP terkendali.
d. Membangun sistem pemantauan.
e. Menetapkan tindakan korektif ketika CCP tidak terkendali.
f. Menetapkan prosedur untuk verifikasi.
g. Membuat dokumentasi dan pencatatan.

Sistem HACCP yang efektif akan menghilangkan atau mengurangi risiko ke tingkat yang dapat diterima. Sistem HACCP harus diterapkan untuk semua pengolah grosir dan distributor makanan laut.

Baca juga: Grouper Facts For You



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp